Berikut Ini Cara Memilih Perlengkapan Makan dan Minuman Yang Tepat Bagi Kesehatan Anak

Seperti yang diketahui bahwa salah satu sumber gizi bagi anak adalah dengan pemberian makanan yang tepat. Dan pemberian makanan yang tepat itu juga harus didukung dengan pemilihan perlengkapan makan dan minuman yang tepat pula guna menunjang kesehatan bagi anak. Dalam hal ini, apakah alat makan dan minum anak yang bunda berikan sudah aman dan bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya?. Apalagi sekarang ini sudah banyak beredar perlengkapan makan anak dengan berbagai merek, keunikan, dan kelebihannya masing-masing. Lalu bagaimana cara memilih perlengkapan makan dan minuman yang tepat bagi anak itu? Oleh karena itu, dalam artikel kali akan memberikan informasi tentang cara memilih perlengkapan makan dan minuman yang tepat bagi kesehatan anak sebagai berikut ini :

  1. Hindari Berbahan Melamin

Cara yang pertama adalah hindari alat makan dan minum anak berbahan melamin. Dalam hal ini, jangan pernah bunda membeli peralatan makan yang mengandung melamin. Karena kandungan melamin yang ada pada peralatan makan dan minun ini memiliki partikel berbahaya bagi tubuh anak. Bahkan, dalam pemakaian jangka panjang, melamin ini bisa mengakibatkan penumpukan penyakit dalam tubuh anak yang bisa memicu penyakit pada ginjal. Perlu diketahui, kandungan melamin ini akan bereaksi jika terkena air ataupun makanan panas. Sedangkan yang namanya makanan anak tidak terlepas dari kondisi makanan yang hangat atau berkuah.

  1. Simbol Food Grade

Jika bunda akan membeli garpu atau gelas, maka periksalah simbol food grade yang menunjukkan bahwa bahan alat makan tersebut aman digunakan oleh anak.

  1. Simbol PP (Polypropylene)

Biasanya simbol PP ini disimbolkan dengan segitiga daur ulang yang berisikan angka “5” dan huruf “PP” di bawah simbol segitiga tersebut. Sedangkan Polypropylene sendiri merupakan material plastik yang memiliki ketahanan kimia yang bersifat baik, memiliki daya serap air yang sangat rendah, bersifat non polar, tahan terhadap asam dan basa, tahan paserta tidak termoda dengan proses pengecatan.

  1. Label BPA (Bisphenol-A) Free

BPA atau Bisphenol-A ini merupakan zat kimia sintetis yang sering digunakan pada peralatan makanan dan minuman yang berbahan plastik. Selain itu, BPA sering dianggap sebagai zat pengganggu hormon terutama pada fase pertumbuhan anak. Oleh karena itu, bunda harus lebih teliti dalam memilih peralatan makan buah hati anda. Dalam hal ini, bunda bisa mengetahui apakah peralatan makan tersebut mengandug BPA atau tidak dengan cara melihat bagian bawah dari barang yang ingin bunda beli. Jika ada simnol segitiga yang berbentuk panah berisi nomor, maka perhatikan nomor yang di dalamnya tersebut. Jika menunjukkan angka “7” atau tanda huruf “PC” maka peralatan makan tersebut bisa dipastikan mengandung BPA.

  1. Bebas Poly Vinil Chloride (PVC)

PVC ini merupakan bahan plastik yang sering digunakan sebagai bahan dasar konstruksi bangunan dan bahan baku mainan anak. Maka dari itu, pastikan bahwa perlengkapan makan dan minum anak bunda terbebas dari PVC ini. Karena PVC ini terkenal sebagai senyawa kimia yang bisa memicu kanker.

Jadi, sudahkan bunda memilih perlengkapan makan dan minuman yang benar dan aman bagi si kecil? Mungkin itu saja artikel kali ini semoga ada guna dan manfaatnya khususnya bagi bunda yang akan memilih perlengkapan makan dan minum bagi anak.