4 Tempat Wisata Yang Ada Di Jawa Tengah

Dengan memiliki luas sekitar 32.548 KM persegi, Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat wisata alam yang tersebar di berbagai penjuru kota dan kabupatennya. Mulai dari gunung hingga pantainya yang indah mempesona. Selain panorama alamnya yang sangat indah, di Jawa Tengah juga kaya akan seni dan budaya. Baik itu berupa tarian, lagu tradisional, alat-alat musik tradisional, wayang kulit serta wayang orang, dan lain sebagainya. Berikut ini 4 tempat wisata di Jawa Tengah :

  1. Puncak Argopuro Lasem – Rembang

Lokasi untuk menuju Puncak Argopuro Lasem ini memang tak terlalu tinggi, yaitu di ketinggian 806 mdpl. Tetapi, meskipun begitu jalur pendakiannya juga harus ditempuh cukup panjang sehingga anda harus tetap mensiapkan stamina yang cukup. Untuk menuju Puncak Argopuro Lasem ini, ada dua jalur pendakian yang bisa anda tempuh yaitu melalui Desa Siwalan Sukun, Sedan atau Desa Ngoto, Pancur. Selain itu juga, waktu yang ditempuh menuju puncak ini memerlukan waktu sekitar 2,5 jam. Tetapi, meskipun waktu yang ditempuh menuju kawasan ini, tetunya lelah yang anda rasakan akan terbayar begitu sampai di kawasan ini dengan pemandangan alam yang khas pegunungan.

  1. Candi Borobudur

Salah satu tempat wisata terbaik dan terpopuler yang ada di Indonesia adalah Candi Borobudur. Tempat wisata yang satu ini merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur ini juga ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991.  Konon Candi Borobudur ini sempat terkubur abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi, kemudian ditemukan kembali oleh Sir Thomas Stamford Raflles pada tahun 1814. Candi Borobudur ini diperkirakan telah dibangun pada tahun 824 silam. Dimana bangunan Candi Borobudur ini tersusun dari balok vulkanik dan membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk tepat di puncak candi. Disini juga anda bisa membeli berbagai suvenir mulai dari Miniatur Candi Borobudur, kipas, gantungan kunci, hingga kaos. Dan pada perayaan Waisak, tempat ini menjadi pusat berkumpulnya umat Buddha dari berbagai belahan di dunia seperti Thailand dan Tibet.

  1. Gunung Merbabu – Boyolali

Gunung merbabu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Jawa Tengah, terutama bagi para pendaki. Gunung Merbabu ini memiliki puncak tertinggi dengan ketinggian sekitar 3.142 mdpl, dengan nama Puncak Kenteng Songo. Di puncak gunung ini anda akan bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, dimana anda akan bisa melihat dua Gunung Kembar Sindoro dan Sumbing sekaligus. Selain itu, pada saat mendaki anda juga bisa melihat beberapa hewan liar seperti beruk, monyet, dan burung.

  1. Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara – Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng ini masuk ke wilayah Kabupaten Wonosobo. Di tempat ini anda akan bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat indah mempesona. Misalnya adalah Telaga Warna yang warna airnya sering berubah-ubah. Konon perubahan warna air tersebut terjadi diakibatkan tingginya kandungan sulfur di dalamnya. Selain itu disana juga ada Kawah Sikidang dengan aktivitas vulkanik yang masih aktif. Karena konturnya kawahnya yang cukup datar, sehingga anda bisa menyaksikan gumpalan asap kawah yang mengandung belerang dengan jelas. Dan yang uniknya dari tempat ini adalah dengan adanya Kompleks Candi Dieng yang berdiri di atas lahan seluas 1,8 km x o,8 km. Tempat ini merupakan kompleks candi Hindu Syiwa yang konon telah dibangun pada abad ke – 8.

Supaya anda bisa menjelajahi keempat objek wisata yang ada Jawa Tengah tersebut, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi atau dengan cara rental mobil melalui situs Misteraladin.com. Karena dengan begitu liburan anda bersama keluarga menjadi lebih aman, dan nyaman.