4 Hal Wajib Anda Perhatikan Sebelum Memilih Hijab

Pada masa kini, perkembangan hijab di Indonesia sedang berada di puncaknya. Hal ini bisa dilihat dari semakin aktifnya produsen-produsen hijab meluncurkan produk terbaik mereka setiap saat untuk memenuhi kebutuhan hijab wanita Indonesia. Meski saat ini perkembangan hijab telah dikenal luas, namun muslimah Indonesia dahulu kala bahkan harus menerima larangan-larangan berhijab di tempat umum.

Sejak zaman kerajaan hingga masa-masa perjuangan, hijab sudah lekat dan tak bisa dipisahkan dari penampilan wanita muslimah yang taat pada perintah Tuhannya. Tercatat dalam sejarah, seorang ratu kerajaan, Sri Sultanah Ratu Safiatuddin yang menegaskan bahwa sang ratu beragama islam dan paham syariat.Begitu pula pada masa perjuangan, para pejuang wanita muslim sudah mulai mengenakan hijab meski sebatas kain selendang yang disampirkan.

Pada tahun 1970an, Depdikbud sempat mengeluarkan larangan berhijab untuk para pelajar muslimah dalam lingkungan sekolah. Larangan yang dikeluarka Depdikbud ini meyebabkan sebagian besar pelajar muslimah tak mengenakan hijab kala itu. Namun selang tak berapa lama, muncullah gerakan revolusi hijab yang dipelopori muslimah Indonesia dari berbagai kalangan. Para pelajar muslimah tak segan menyatakan pengunduran diri dari sekolah jika tetap dilarang berhijab. Bahkan ribuan muslimah turun ke jalan untuk memperjuangkan hak mereka menutup aurat dan mengenakan hijab sesuai syariat. Perjuangan tak kenal lelah ini pun membuahkan hasil dengan dicabutnya larangan mengenakan hijab ke sekolah oleh Depdikbud.

4 Hal Wajib Anda Perhatikan Saat Membeli Hijab

Di bawah ini ada 4 tips fashion penting yang wajib diperhatikan saat membeli hijab yang dirangkum secara khusus oleh Blibli.com.

  • Sesuaikan aktivitas

Pertama, tentukan untuk apa Anda membutuhkan hijab. Misalnya untuk digunakan ke kantor, ke acara resmi, atau hanya sekedar jalan-jalan dan bersantai. Tentunya hijab ke kantor dan acara resmi dengan hijab sekedar bersantai memiliki beberapa perbedaan mulai dari segi model, bentuk, hingga bahan hijab.

Khusus untuk acara resmi seperti pesta pernikahamn dan lainnya, pilihlah hijab berbahan silk atau satin yang terkesan mewah dan glowing. Namun jika Anda menginginkan hijab untuk digunakan selama beraktivitas sehari-hari, pilihan hijab berbahan katun atau spandex cocok menemani keseharian Anda.

  • Budget

Hal kedua yang wajib Anda perhatikan adalah harga. Umumnya harga suatu produk hijab  akan sangat dipengaruhi dari segi bahan yang digunakan. Jika Anda memerlukan hijab berbahan satin atau silk, tentu budget yang diperlukan lebih besar daripada hijab berbahan katun biasa.

  • Corak dan warna

Saat ini tersedia berbagai pilihan corak dan warna yang bisa Anda miliki. Mulai dari warna-warna pastel yang lembut hingga corak-corak ceria dengan degradasi warna yang atraktif. Pilihlah warna-warna lembut dan corak yang sederhana jika hijab akan Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti bekerja atau kuliah.

Namun Anda bisa memilih hijab dengan warna sedikit ngejreng dan corak mencolok ketika akan digunakan dalam acara-acara khusus seperti pesta.

  • Sesuaikan warna baju

Poin keempat ini tak kalah pentingnya dibanding poin-poin di atas, sesuaikan dengan warna baju saat memilih hijab. Tentunya Anda tak mau bukan membeli hijab yang akan membuat Anda kesulitan memadu madankan dengan koleksi baju di rumah. Jika memang terpaksa, pilihlah warna netral seperti hitam atau putih agar bebas dipadu padankan dengan baju  berwarna apa saja.